Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengaktifkan HTTPS di Blogger Custom Domain


Pengertian HTTPS
HTTPS (Hypertxt Transfer Protocol Secure) merupakan versi aman dari HTTP. HTTP sendiri merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Client adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Keuntungan HTTPS
Penggunaan HTTPS sangat membantu dalam pengoptimalan dalam pencarian di mesin pencari (Search Engine). Pengunjung mesin pencari tentu lebih cenderung untuk memilih sesuatu yang lebih baik dan lebih aman. HTTPS sendiri mencakup hal auntentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data. Autentikasi server memungkinkan pengguna memiliki kepercayaan sedang berkomunikasi dengan server yang dituju. Data yang tersandi membuat data yang dikirimkan atau diterima akan menjadi sangat rahasia. Integritas data ini terkait penyerang jaringan yang tidak dapat merusak atau mengubah komunikasi data antara client dan server karena divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Custom Domain
  1. buka draft.blogger.com
  2. Setelan - Dasar HTTPS, kemudian klik YA pada menu Ketersediaan HTTPS
  3. Setelah Ketersediaan HTTPS diaktifkan tunggu beberapa saat, sampai menu pada Pengalihan HTTPS terbuka. Kemudian refresh browser dengan klik kanan refresh atau tekan F5 pada keyboard, jika sudah terbuka silahkan pilih Ya pada menu Pengalihan HTTPS.
  4. Jika sudah selesai, sekarang yang harus dilakukan adalah mengganti semua url awalan HTTP: ke HTTPS: pada template sobat.

    Untuk menghemat waktu merepalce HTTP: ke HTTPS: dapat dilakukan menggunakan Notepad++ atau Adobe Dreamweaver
  5. Selesai
Submit Domain di Google Search Console
Setelah selesai mengaktifkan HTTPS sebaiknya submit kembali domain di https://www.google.com/webmasters/tools/ seperti menambahkan domain baru di Google Search Console

Tags:
wildcard ssl certificate, wildcard ssl, purchase ssl certificate, ssl certificate providers, online education websites, get ssl certificate, renew ssl certificate, buy ssl certificatehttps and ssl, dan seterusnya

Posting Komentar untuk "Mengaktifkan HTTPS di Blogger Custom Domain"