Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Gagal Login RDP

Beberapa waktu lalu ketika pertama kali menyewa VPS RDP Windows, saya menemui masalah, yaitu tidak dapat login VPS via RDP, keterangan gagal loginnya pun tidak ada, sehingga harus mendownload aplikasi remote desktop sejenisnya seperti anydesk, team viewer, VNC atau Google Remote Desktop, karena bukan bawaan Windows remote jadi agak berat. Akhirnya saya meminta tolong penyedia jasa agar bisa login via RDP bawaan Windows. Akhirnya bisa tetapi hanya pada Laptop yang saya pakai aja. Ketika saya buka di komputer untuk kerja masih terkendala yaitu ketika RDP nyala dan sudah mau masuk VPS tiba-tiba menghilang. Akhirnya saya browsing di Internet masih belum menemukan caranya. Baru kemaren akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasinya. Ada 2 metode yaitu :

Metode 1: Group Policy Editor

  1. Menuju ke “Run” (Win Key + R)
  2. Ketik “gpedit.msc” kemudian klik “Enter”
  3. Sekarang, cari Computer Configuration -> Administrative Template -> System -> Credentials Delegation -> Encryption Oracle Remediation
  4. Klik dua kali pada “Encryption Oracle Remediation”, kemudian pilih “Enable” dan rubah level proteksi menjadi “Vulnerable” dan klik “Apply” atau “Ok”

Metode 2: RegEdit (Registry Editor)

Anda juga dapat memperbaiki masalah dengan bantuan Editor Registri Windows

Buka Windows Registry dengan mengetik “regedit” pada “Run”

  1. Kemudian pilih -> HKEY_LOCAL_MACHINE -> SOFTWARE ->
  2. Microsoft -> Windows -> CurrentVersion -> Policies -> System -> CredSSP -> Parameters
  3. Klik dua kali pada Kunci “AllowEncryptionOracle” dan rubah angkanya menjadi “2”
  4. Jika belum ada buat Allow "AllowEncryptionOracle"  dan isi angkanya menjadi “2”

Metode ini juga memberikan hasil yang sama seperti yang dicapai melalui Group Policy Editor (Editor Kebijakan Grup). Anda dapat menggunakan tabel di bawah ini dari Microsoft untuk membandingkan pembaruan windows yang diinstal untuk CredSSP.

Microsoft telah merilis beberapa tambalan keamanan pada Maret 2018 lalu untuk memperbaiki kerentanan pada CredSSP (Credential Security Support Provider Protocol) yang digunakan oleh RDP (Remote Desktop Protocol) pada Windows Server. Tetapi pembaruan ini telah membuat kesalahan otentikasi CredSSP di RDP dan menyebabkan hambatan bagi banyak pengguna.

Microsoft mendorong pembaruan Mei 2018 untuk meningkatkan keamanan dengan menjadikannya wajib bagi komputer klien dan server untuk menginstal pembaruan. Hal ini mengakibatkan windows server tidak dapat diakses melalui RDP untuk banyak pengguna dan membuat banyak untuk me-reboot server mereka untuk memperbaiki masalah dengan menganggapnya sebagai masalah sisi server. Artikel ini akan membantu Anda tentang cara memperbaiki kesalahan Autentikasi CredSSP di Remote Desktop Protocol (RDP).

CredSSP merupakan singkatan dari Credential Security Support Protocol. Protocol ini menyediakan dukungan keamanan yang membantu mendelegasikan credential user secara aman dari device user (local) ke server windows (RDP) dengan menggunakan TLS (Transport Layer Security) sebagai jalur ter-enkripsi.

Keyword: Cara Mengatasi Gagal Login RDP Windows CredSSP Error Cara Mengatasi Gagal Login RDP Karena CredSSP Error Mengatasi Gagal Login RDP

Posting Komentar untuk "Mengatasi Gagal Login RDP"