Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Membuat Judul SEO Friendly

The Art Of The Title SEO Friendly

Search Engine selalu berkembang dan update alogaritmanya sehingga pencarian lebih tepat dan akurat. Perkembangan ini juga tentunya berpengaruh bagi blogger atau marketer online untuk mengikuti perkembangan yang terjadi, karena perubahan dunia seiring perubahan waktu. Perkembangan ini tentunya mengharuskan blogger atau marketer online untuk menulis artikel atau mempromosikan suatu produk agar tepat sasaran. Karena suatu web atau blog dapat dikenal dari suatu pencarian dimesin pencari. Hal ini tentunya selain tepat sasaran juga harusnya blogger atau marketer online memberikan kualitas tulisan atau penawaran produk yang bagus kualitasnya dan user betah berlama-lama untuk membaca artikel atau penawaran produk tersebut.

Artikel kali ini saya akan membahas tips dan trik dalam pembuatan judul artikel yang SEO friendly. Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya apa sih SEO? (what is seo ?) SEO adalah Search Engines Optimation  dengan kata lain SEO adalah pengoptimalan pencarian di mesin pencari. Sebenarnya tutorial mengenai ini sudah banyak yaitu teknik agar SEO friendly.

Agar artikel blog SEO friendly ada banyak teknik. Beberapa teknik diantaranya adalah Membuat Judul yang mudah dipahami, Riset Keyword, Backlink, Web yang ringan, Web yang aman, dan masih banyak yang lainnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Membuat Judul atau Title yang SEO friendly.

Judul atau Title Website merupakan nama atau identitas yang bersifat menjelaskan suatu web / blog tersebut. Judul ini sangat penting dalam pembuatan blog karena dengan Judul ini akan memberikan tema mengenai blog tersebut. Setiap pembuata web atau blog baru selalu ada form tentang judul. Judul yang sifatnya identitas ini akan diperkuat jika ada subtitle. yang memberikan deskripsi lebih luas mengenai blog tersebut kemudian kemudian judul tersebut akan diarahkan ke alamat web atau Web Address. Hal ini diibaratkan seperti menggambarkan lokasi seseorang yang mempunyai alamat. Misal Zaed yang berkulit putih tingginya 1,5 meter, punya rumah, rumahnya lantai 3 catnya putih, alamatnya di Jl. Kesehatan No. 21 Tebet Kota Administrasi Jakarta Selatan Propinsi DKI Jakarta, dengan begitu rumahnya zaed mudah dicari dengan alamat yang jelas. Misal Firefudh dengan subtitle "Perubahan Dunia Seiring Perubahan Waktu" yang beralamat di https://www.firefudh.com, sehingga Search Engine Optimation berfungsi mengarahkan seseorang ketika menggunakan Search Engine ke rumah Firefudh dengan deskrispsinya "Perubahan Dunia Seiring Perubahan Waktu" ke alamat https://www.firefudh.com.

Ada poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam penulisan apapun di dunia Maya. Berikut ini poin-poin penting dalam membuat judul apapun dalam dunia internet, yang harus diperhatikan adalah:
  1. Judul dan Subtitle
  2. Alamat atau address
  3. Isi, Niche atau tema artikel blogmu
Contoh Web:
Judul Web: Firefudh
Subtitle: Perubahan Dunia Seiring Perubahan Waktu
Alamat atau Address: https://www.firefudh.com
Niche atau tema : Teknologi Informasi

Contoh Artikel Posting:
Judul Artikel: How to Get Short URL Free
Deskripsi Penelusuran : Tips & Trik Bagaimana Mendapatkan URL Pendek Gratis
Alamat atau Address : https://www.firefudh.com/2018/04/how-to-get-short-url-free.html

Contoh Page:
Judul Page : Disclaimer
Alamat : https://www.firefudh.com/p/disclaimer.html

Dari ketiga poin penting itu harus saling cocok dan berhubungan, sehingga Match atau sesuai, dengan begitu mesin pencari atau search engine mudah dalam mengenalinya. Sebenarnya tidak hanya search engine saja yang mudah mengenalinya orang awam pun demikian jika judul, alamat, tema artikel sesuai orang lebih mudah memahaminya tanpa perlu bertanya-tanya.

Posting Komentar untuk "Seni Membuat Judul SEO Friendly"