Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan TCP dan UDP

Img 1

Sering kita didunia networking mendengar istilah TCP dan UDP. TCP sendiri lebih sering dikenal dengan istilah TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data dari perangkat anda ke Website. TCP jenis protokol yang berbasis koneksi, sedangkan UDP jenis protokol yang tidak berbasis koneksi. 

Protokol TCP/UDP sering sekali kita gunakan dalam aktifitas online kita setiap hari seperti mengirim email, streaming youtube, skype, zoom, atau sekedar browsing internet. Meski seperti itu ada perbedaan antara aplikasi yang menerapkan UDP atau TCP. 

Cara kerja TCP atau UDP adalah dengan membagi-bagi data menjadi bagian atau unit-unit kecil yang disebut dengan paket data.

TCP lebih sering digunakan karena dianggap lebih baik, TCP memberikan setiap paket data nomor urut yang unik dan tanda pengenal yang baik. Sehingga penerima dapat mengenali dengan baik paket data yang akan datang berikutnya. 

Img 2

Paket data yang menggunakan protokol TCP dikirim berurutan, maka alirannya dapat dikontrol, mencegah data yang macet, serta mempermudah dalam menemukan dan memperbaiki kesalahan. Data yang dikirim melalui TCP lebih mungkin untuk menerima data secara utuh dan penuh. Sisi negatifnya banyak komunikasi dua arah, sehingga membutuhkan waktu yang agak lama dalam bertukar data.

Img 3

UDP sendiri protokol yang tidak membutuhkan tanda pengenal atau nomor urut. UDP dalam mengirimkan data hanya memeriksa jumlah bahwa data yang dikirimkan, diterima tanpa ada kerusakan. UDP sendiri hampir tidak mengoreksi kesalahan pengiriman dan tidak memperdulikan jika ada paket yang hilang. UDP sendiri sisi positifnya mengirimkan paket data lebih cepat daripada TCP.

Contoh UDP dan TCP adalah sebagai berikut, UDP contohnya sunRPC, SNMP, DNS, dan TFTP. sedangkan TCP contohnya adalah FTP, SMTP, dan TELNET.


Source:

Img 1 : APAKAH PERBEDAAN UDP DAN TCP? CARI TAHU JAWABANNYA DI SINI!, website: https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/apakah_perbedaan_udp_dan_tcp_cari_tahu_jawabannya_di_sini-686#:~:text=UDP%20merupakan%20jenis%20protokol%20yang,adalah%20kebalikannya%2C%20yaitu%20berbasis%20koneksi.&text=Contoh%20aplikasi%20yang%20menggunakan%20protokol%20UDP%20dan%20TCP%20juga%20berbeda., diakses pada 20 Desember 2020

Img 2 dan Img3 : Perbedaan UDP dan TCP, website: https://nordvpn.com/id/blog/perbedaan-udp-dan-tcp/, diakses pada 20 Desember 2020

Posting Komentar untuk "Perbedaan TCP dan UDP"